Latihan Soal Pendidikan Agama Islam Semester 2 Kelas 12 SMA/MA (1)
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
Pada potongan ayat di bawah terdapat bacaan mad tabi'i sejumlah:
Tiga
Empat
Lima
Enam
TujuhIslam adalah agama ilmu pengetahuan. Hal ini terlihat dari perintah Allah Swt. kepada seluruh umat Islam untuk selalu memerhatikan alam semesta. Dalam ayat 101 Surah ke-10, perintah untuk memerhatikan alam semesta menggunakan kalimat perintah:
Ilmu pengetahuan telah membuat perkiraan bahwa alam semesta memiliki lebar penampang ...... miliar tahun cahaya.
20
25
30
35
40Kita diperintah untuk memperhatikan langit dan bumi. Objek paling penting saat kita memperhatikan bumi adalah:
Struktur bumi
Vegetasi bumi
Bahan penyusun bumi
Manusia
Tumbuhan dan hewanPerhatian pada kehidupan bermasyarakat memberikan kesempatan kepada manusia untuk menyusun ilmu:
Ontologi
Oceanologi
Herbalogi
Zoologi
SosiologiAlam semesta adalah bukti keagungan Allah Swt. Untuk dapat memahami hal ini, seseorang harus memenuhi satu syarat penting, yaitu:
Memiliki kapasitas keilmuan yang cukup
Memiliki daya penalaran
Beriman kepada Allah Swt.
Dapat mengakses fasilitas ilmu pengetahuan
Memiliki guru yang tepat untuk memberikan pelajaranAllah Swt. menggelar alam semesta berikut makhluk spesial-Nya yang disebut manusia agar Allah Swt:
Dikenal
Dikagumi
Disembah
Disebut pencipta
Dianggap sebagai Yang Maha KuasaPada Surah al-Baqarah [2] ayat 164 kita menemukan ...... tanda kekuasaan Allah Swt.
Tiga
Empat
Lima
Enam
TujuhMempelajari alam semesta kekuasaan Allah memiliki dua tujuan utama, yaitu untuk memperbaiki kualitas hidup manusia sebagai khalifah Allah Swt. di bumi dan ......
Menyadarkan manusia untuk beriman kepada Allah Swt.
Memberikan jalan menuju pencapaian manusia sebagai khalifah Allah
Memudahkan manusia menggunakan karunia Allah di bumi
Menjadi tanda bahwa manusia adalah makhluk berakal
Menyediakan informasi untuk memanfaatkan kepercayaan Allah Swt.Muatan Surah Yunus [10] ayat 101 dan al-Baqarah [2] ayat 164 memiliki perbedaan sudut pandang. Surah Yunus [10] ayat 101 lebih menyoroti alam semesta dari sisi:
Kandungan filosofinya
Apa yang terdapat di langit dan di bumi
Pelajaran yang dapat diambil
Manfaat bagi kehidupan manusia
Kesamaan antara manusia dengan alam semesta sebagai makhluk Allah Swt.Penciptaan alam semesta merupakan karya Zat Yang Maha Agung. Hal ini dibuktikan dengan:
Keteraturan alam semesta
Kesenjangan yang ada di alam semesta
Kekuasaan Allah Yang Maha Mampu
Iradah Allah atas makhluk-Nya
Takdir Allah yang menyelimuti alam semestaPada masa keemasan Islam, kaum muslimin melihat alam dan mengembangkannya sebagai bentuk:
Ketundukan pada alam
Ketaatan pada petunjuk Rasulullah
Penerapan ilmu Al-Qur'an
Pelaksanaan tugas selaku khalifah
Ibadah kepada Allah Swt.Ayat-ayat Allah di alam semesta menyediakan tantangan yang berlebih bagi akal manusia. Manusia menjadi subjek bagi pengelolaan bumi dengan karunia yang membedakannya dengan makhluk yang lain. Karunia tersebut berupa:
Badan yang sempurna
Akal pikiran
Wawasan yang luas
Kesempatan untuk menghuni bumi
Kemampuan untuk menguasai alam semestaKehidupan di muka bumi ini berjalan dengan pasti sesuai dengan hukum Allah Swt. Hukum yang pasti di alam semesta dalam Islam biasa dikenal sebagai:
Hukum alam
Nature gesture
Sunatullah
Annatijah al-insaniyah
Al-'alam al-akbarPenerapan teknologi dalam rangka melaksanakan perintah Allah Swt. menjadi kewajiban setiap muslim. OIeh karena itu, belajar menjadi tugas yang melekat kepada setiap orang atau berstatus hukum:
Makruh tanzih
Halal
Makruh
Fardu kifayah
Fardu ain
Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!
Peringatan Allah Swt. tidak akan berguna bagi orang yang tidak beriman. Bagaimana hal tersebut terjadi?
Secara tidak langsung Allah mewajibkan setiap muslim untuk menguasai ilmu pengetahuan. Meskipun begitu, Allah Swt. tidak memaksa setiap hamba-Nya untuk menguasai setiap ilmu pengetahuan. Mengapa demikian?
Pengamalan dari perintah yang terdapat dalam Surah Yunus [10] ayat 101 dapat dilakukan oleh setiap muslim bagaimanapun kapasitas dirinya. Pengamalan tersebut dapat kita lakukan dengan menguasai salah satu cabang ilmu pengetahuan atau teknologi. Mengapa demikian?
Mengapa Allah Swt. menyatakan bahwa semua keadaan di bumi ini merupakan tanda kekuasaan Allah Swt. bagi orang-orang yang mengerti?
Bagaimanakah sikap kita selaku umat Islam dalam rangka menyikapi Surah al-Baqarah [2] ayat 164?
Mengapa pada Surah Yunus [10] ayat 101 Allah Swt. memerintahkan kita untuk memperhatikan langit dan bumi?
Apakah maksud dari perintah memperhatikan isi langit dan bumi dengan pengembangan ilmu pengetahuan?
Apakah peran kaum muslimin dalam pengembangan ilmu pengetahuan bagi dunia?
Bagaimanakah pengamatan alam semesta dapat meningkatkan keimanan seseorang?
Apakah hikmah di balik pergantian siang dan malam?