Jasa pembuatan website

Jasa pembuatan website murah berkualitas

Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Perhatikan sebatang pohon dari bagian bawah hingga bagian atas! Apa saja yang bisa kita lihat pada pohon tersebut?

A. Tumbuhan dan Bagian-Bagiannya

Umumnya, tumbuhan terdiri atas bagian-bagian tertentu, seperti akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Setiap bagian mempunyai fungsi atau kegunaan tertentu.

Bagian-bagian pohon pepaya
Bagian-bagian pohon pepaya

1. Akar

Akar adalah bagian tumbuhan yang arah tumbuhnya searah dengan gaya tarik bumi. Biasanya akar berada di dalam tanah. Ada dua kelompok akar yang penting, yaitu akar serabut dan akar tunggang.

  • Akar Serabut

    Akar serabut adalah akar yang berukuran relatif kecil, tumbuh di pangkal batang, ukuran akar yang satu dengan yang lain hampir sama besar dan sama panjang. Akar semacam ini terdapat pada tumbuhan kelapa, rumput, padi, tumbuhan hasil mencangkok, dan sebagainya.

  • Akar Tunggang

    Akar tunggang adalah akar yang terdiri atas satu akar besar yang merupakan kelanjutan batang, sedangkan akar-akar yang lain merupakan cabang dari akar tunggang. Akar tunggang tidak sama dengan akar penunjang. Akar penunjang adalah akar yang menunjang atau membantu berdirinya tumbuhan. Contoh akar tunjang adalah akar yang tumbuh di ruas tebu bagian bawah. Akar ini dapat membengkok dan masuk ke tanah. Contoh lainnya adalah akar yang menggantung di batang pohon beringin. Akar tersebut dapat mencapai dan menembus tanah.

Akar tunggang dan akar serabut
Contoh tumbuhan yang memiliki akar serabut (a) dan akar tunggang (b)

Ada beberapa akar khusus yang hanya terdapat pada tumbuhan tertentu, antara lain:

  • Akar isap, contohnya, akar benalu.
  • Akar tunjang, contohnya, akar pandan.
  • Akar lekat, contohnya, akar sirih.
  • Akar gantung, contohnya, akar pohon beringin.
  • Umbi akar, contohnya akar ubi kayu.

Perhatikan macam-macam akar di bawah ini!

Macam-macam akar
Macam-macam akar: (1) Akar serabut, (2) Akar tunggang, (3) Akar isap, (4) Akar tunjang, (5) Umbi akar, (6) Akar gantung

Fungsi akar bagi tumbuhan, antara lain:

  1. Untuk menunjang berdirinya tumbuhan,
  2. Untuk menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah,
  3. Untuk menyimpan makanan cadangan, dan
  4. Untuk bernapas.

2. Batang

Batang adalah bagian tumbuhan yang umumnya tumbuh di atas tanah. Arah tumbuh batang berlawanan dengan gaya tarik bumi atau mengarah pada datangnya sinar matahari. Batang pada tumbuhan tertentu, umumnya bercabang. Batang ada yang berkayu, misalnya batang pohon jati, batang pohon asam, dan batang pohon mangga. Batang ada pula yang lunak, misalnya batang tumbuhan padi dan batang rumput.

Berdasarkan tinggi dan bentuknya, batang ada yang berbentuk pohon, misalnya, batang pohon mangga. Ada yang berbentuk perdu atau semak, misalnya, tumbuhan mawar. Ada pula yang berbentuk rumput, misalnya, tumbuhan padi.

Batang tumbuhan tertentu seringkali berwarna hijau, misalnya tumbuhan kaktus, tumbuhan patah tulang. Warna hijau menandakan bahwa batang tersebut mengandung klorofil.

Bagi manusia, batang tumbuhan dapat dimanfaatkan, antara lain:

  • Untuk membuat perabot rumah tangga, contohnya batang pohon jati.
  • Untuk bahan makanan, contohnya sagu, asparagus.
  • Untuk bahan industri, contohnya tebu, bambu.
  • Untuk alat transportasi.

Batang tumbuhan berwarna apa? Umumnya, warna batang muda adalah hijau muda, sedangkan warna batang yang telah tua adalah kecoklat-coklatan.

Contoh tumbuhan berdasar jenis batang
Contoh tumbuhan berdasar jenis batang

Bagi tumbuhan, batang berfungsi, antara lain:

  • Sebagai penunjang tumbuhnya daun, bunga, dan buah.
  • Sebagai pengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun.
  • Sebagai makanan cadangan.

3. Daun

Tumbuhan mempunyai daun. Daun merupakan perubahan bentuk dari batang yang memipih. Umumnya, daun berwarna hijau. Warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil yang ada pada daun. Namun, daun ada juga yang berwarna merah atau ungu.

Bagian-bagian daun lengkap terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun. Contoh daun yang memiliki bagian-bagian lengkap, antara lain daun pisang dan daun bambu.

Contoh tumbuhan berdasar jenis batang
Daun dan bagian-bagiannya: (1) Tulang daun, (2) Tangkai daun, (3) Pelepah daun, (4) Helai daun

Bentuk tulang daun bermacam-macam, antara lain, sebagai berikut:

  • Tulang daun menyirip, contohnya daun nangka, daun jambu, daun mangga.
  • Tulang daun melengkung, contohnya daun sirih dan daun gading.
  • Tulang daun menjari, contohnya daun ilalang, daun pepaya, dan daun ketela pohon.
  • Tulang daun sejajar, contohnya daun tebu, dan daun padi.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar bentuk tulang daun berikut!

Macam-macam daun berdasarkan bentuk tulangnya
Macam-macam daun berdasarkan bentuk tulangnya

Selain dari bentuknya, daun juga dibedakan berdasar istilahnya, yakni daun tunggal dan daun majemuk. Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun di setiap tangkainya. Daun majemuk adalah daun yang memiliki beberapa helai daun di setiap tangkainya. Perhatikan perbedaan daun tunggal dan majemuk pada gambar di bawah ini!

Contoh daun tunggal dan daun majemuk
Contoh daun tunggal dan daun majemuk

Daun berguna sebagai tempat pembuatan makanan, tempat penguapan air, dan sebagai alat pernapasan pada tumbuhan. Bagi manusia, daun dapat digunakan sebagai:

  • Bahan makanan, contohnya, daun pepaya dan daun singkong.
  • Obat-obatan, contohnya, daun jeruk dan daun jambu biji.
  • Rempah-rempah, contohnya daun salam.

4. Bunga

Sebagian besar orang senang dengan bunga. Bunga ada yang berbau dan ada pula yang tidak berbau. Bau yang dikeluarkan bunga pun bermacam-macam. Ada bunga yang berbau wangi, misalnya, bunga mawar, bunga melati, dan bunga sedap malam. Ada bunga yang tidak berbau, misalnya, bunga bugenvil dan bunga sepatu. Ada pula bunga yang baunya seperti bangkai.

Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada sebagian besar tumbuhan. Bunga lengkap memiliki bagian-bagian sebagai berikut:

  • Kelopak, umumnya berwarna hijau dan berfungsi menutup bunga di saat masih kuncup.
  • Mahkota, merupakan bagian bunga yang indah dan berwarna-warni.
  • Benang sari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin jantan.
  • Putik sebagai alat kelamin betina.
  • Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga.
Bunga dan bagian-bagiannya
Bunga dan bagian-bagiannya

Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, dasar bunga, dan putik disebut bunga sempurna.

Jika memiliki semua bagian kecuali putik, maka bunga ini disebut bunga jantan. Jika memiliki semua bagian kecuali benang sari, maka bunga ini disebut bunga betina. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hermafrodit.

Pada satu tumbuhan seringkali hanya terdapat bunga jantan atau bunga betina saja. Misalnya, tumbuhan salak dan tumbuhan avokad. Tumbuhan yang demikian ini disebut tumbuhan berumah dua. Jika pada satu tumbuhan terdapat bunga jantan dan bunga betina seperti tumbuhan jagung, maka tumbuhan ini disebut tumbuhan berumah satu.

Bagi manusia, bunga dapat dimanfaatkan untuk:

  • Hiasan, contohnya, bunga mawar, melati, dahlia.
  • Perlengkapan upacara adat, contohnya, bunga kantil, kamboja.
  • Rempah-rempah, contohnya bunga cengkih.

Fungsi bunga yang paling utama adalah membentuk biji agar tumbuhan dapat menghasilkan keturunan.

5. Buah

Buah adalah bagian tumbuhan yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari bunga. Buah terdiri atas bagian kulit, daging, dan biji. Contohnya, buah mangga dan pepaya. Bagian buah yang biasanya dapat dimakan adalah bagian dagingnya.

Buah pepaya dan bagian-bagiannya
Buah pepaya dan bagian-bagiannya

Bagi tumbuhan, buah bermanfaat sebagai makanan cadangan. Selain itu, buah juga digunakan menarik makhluk hidup lain sehingga membantu menyebarkan biji yang berada di dalamnya. Buah sekaligus biji yang penyebarannya melalui air biasanya dilengkapi dengan bagian yang bersabut sehingga dapat mengapung. Contohnya, buah kelapa. Buah juga bermanfaat bagi manusia, antara lain sebagai sumber vitamin, mineral, dan hiasan.

6. Biji

Biji pada tumbuhan digunakan untuk berkembang biak. Biji terdiri atas kulit biji, keping biji, dan lembaga. Lembaga adalah bakal tumbuhan baru yang terdiri atas bakal akar, bakal batang, dan bakal daun. Perhatikan bagian-bagian biji pada gambar di bawah!

Biji dan bagian-bagiannya
Biji dan bagian-bagiannya

Berdasarkan jumlah kepingnya, tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu tumbuhan berbiji tunggal (berkeping satu) dan tumbuhan berbiji belah (berkeping dua). Contoh tumbuhan berbiji tunggal antara lain, tumbuhan jagung, kelapa, dan padi. Contoh tumbuhan berbiji belah, antara lain, tumbuhan kacang, rambutan, dan mangga.

Berdasarkan letak bijinya, tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Tumbuhan berbiji terbuka adalah tumbuhan yang bijinya tidak tertutup oleh buah. Contohnya, tumbuhan pakis haji, damar, dan melinjo. Tumbuhan berbiji tertutup adalah tumbuhan yang bijinya tertutup oleh buah. Contohnya, mangga, kacang panjang, dan kacang tanah.

B. Kegunaan Tumbuhan

Tumbuhan ada yang bermanfaat dan ada pula yang tidak bermanfaat bagi manusia. Tumbuhan yang tidak bermanfaat bagi manusia, terutama terhadap hasil pertanian, disebut tumbuhan liar atau gulma. Misalnya, rumput dan alang-alang. Gulma harus diberantas agar tidak mengganggu tanaman bermanfaat yang hidup di dekatnya.

Kegunaan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut:

  1. Tumbuhan sebagai bahan makanan

    Beberapa contoh tumbuhan yang dapat dijadikan bahan makanan, antara lain sebagai berikut:

    • Tumbuhan yang dimanfaatkan untuk sayuran. Misalnya, tumbuhan bayam, kubis, tomat, cabai, bawang daun, dan sawi.
    • Tumbuhan yang dimanfaatkan untuk diambil bijinya. Misalnya, tumbuhan padi, jagung, gandum, kacang, kedelai, kacang hijau, kacang tanah, dan melinjo.
    • Tumbuhan yang dimanfaatkan untuk diambil buahnya. Misalnya, tumbuhan mangga, manggis, apel, melon, rambutan, avokad, duku, dan rambutan.
    • Tumbuhan yang dimanfaatkan untuk diambil umbinya. Misalnya, tumbuhan talas, ubi, bengkuang, kentang, dan wortel.
    • Tumbuhan yang dimanfaatkan untuk bumbu dapur. Misalnya, tumbuhan lada, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, temulawak, kunyit, lengkuas, pala, kayu manis, dan seledri.
  2. Tumbuhan sebagai bahan untuk membuat peralatan rumah tangga

    Tumbuhan umumnya diambil kayunya untuk dijadikan kerangka rumah. Misalnya, pohon jati, pohon mahoni, pohon meranti, dan pohon gaharu. Kayu dari pohon tersebut juga dapat digunakan untuk membuat berbagai peralatan rumah tangga, antara lain lemari, meja, kursi, dan pintu.

  3. Tumbuhan sebagai bahan obat-obatan

    Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat-obatan, antara lain, tumbuhan kecubung, bakung, alamanda, dan kumis kucing.

  4. Tumbuhan sebagai bahan sandang

    Tumbuhan kapas dapat dimanfaatkan sebagai bahan sandang. Serat tumbuhan kapas diambil, selanjutnya dipintal menjadi benang. Benang tersebut lalu ditenun menjadi sehelai kain.

Rangkuman

  1. Tumbuhan umumnya terdiri atas akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
  2. Menurut bentuknya, akar dibedakan menjadi dua, yaitu akar tunggang dan akar serabut.
  3. Ada beberapa macam akar khusus yang hanya terdapat pada tumbuhan tertentu, antara lain, akar isap, akar tunjang, akar lekat, akar gantung, dan umbi akar.
  4. Bentuk batang bermacam-macam, ada yang berkayu dan ada yang tidak berkayu, ada yang bercabang dan ada yang tidak bercabang, serta ada yang beruas-ruas.
  5. Daun tumbuhan memiliki bentuk tulang daun yang beragam, antara lain, menyirip, melengkung, menjari, menjarum, dan sejajar.
  6. Jenis bunga bermacam-macam, antara lain, bunga lengkap, bunga sempurna, bunga jantan, dan bunga betina.
  7. Buah bentuknya bermacam-macam. Buah umumnya terdiri atas kulit, daging, dan biji.
  8. Tumbuhan biji dikelompokkan menjadi tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.
  9. Tumbuhan berbiji tertutup dikelompokkan menjadi tumbuhan biji berkeping satu (monokotil) dan tumbuhan biji berkeping dua (dikotil).
  10. Kegunaan tumbuhan untuk kehidupan sehari-hari, antara lain, sebagai bahan makanan, bahan bangunan, dan bahan obato-batan.
  11. Kita harus selalu menjaga kelestarian alam, termasuk tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya.
Powered by Blogger.